Iklan Tanggung Jawab Sosial Perusahaan

Tugas Akhir / Skripsi Sosiologi
Disusun oleh: Titik Wulandari
Program Sarjana Universitas Airlangga
Program Studi Sosiologi
Fakultas Ilmu Sosial Ilmu Politik

Intisari:

Penelitian ini berawal dari ketertarikan peneliti dengan adanya realitas yang ada dimana banyak iklan yang menampilkan kegiatan sosial yang dilakukan oleh perusahaan. Hal ini merupakan imbas dari wacana tanggung jawab sosial perusahaan yang merupakan suatu konsep yang menjadi perbincangan yang cukup menghangat. Disisi lain dari pengamatan peneliti masih banyak masyarakat yang belum mengetahui mengenai tanggung jawab sosial perusahaan, sehingga iklan dalam hal ini bisa dijadikan sebagai suatu bentuk penyampaian informasi tidak langsung mengenai tanggung jawab sosial itu sendiri. Iklan Lifebuoy Berbagi Sehat dipilih dalam penelitian ini karena Lifebuoy merupakan salah satu produk yang cukup konsisten melakukan kegiatan sosial dan merepresentasikannya dalam iklan terutama di televisi. Untuk menganalisa realitas ini peneliti menggunakan metode penelitian kualitatif dengan paradigma interpretatif yang secara khusus menggunakan teori interaksionisme simbolik yang dikemukakan oleh Mead dan Blumer, yang secara khusus konsep yang digunakan adalah proses berpikir dan significant other.

Hasil dari penelitian ini adalah bahwa pemaknaan informan mengenai iklan Lifebuoy Berbagi Sehat adalah cukup baik terutama dalam hal kesehatan dan lingkungan. Lebih jauh dalam penelitian ini telah terjadi share understanding antara perusahaan yang diwakili oleh iklan dengan informan yang melihat kemudian memaknainya. Televisi dalam hal ini terbukti menjadi salah satu elemen penting dalam penyampaian informasi baik mengenai kegiatan sosial perusahaan maupun tanggung jawab sosial perusahaan itu sendiri. Dimana selama ini sosialisasi mengenai tanggung jawab sosial perusahaan sendiri masih tergolong minim.